Selasa, 29 November 2011

Tips Pemasaran saat Ekonomi Memburuk

Krisis ekonomi terkadang membuat kondisi pasar menjadi tidak menentu. Barang-barang ada yang melonjak tinggi harganya, ada pula barang yang menjadi langka, dan ada pula barang yang tiba-tiba menurun drastis harganya. Hal tersebut menyebabkan pelaku pasar sering sekali mengalami dilema ketika terjadi krisis ekonomi. Maka dari itu tidak ada salahnya pelaku pasar untuk mempersiapkan strategi pemasaran sebagai persiapan ketika terjadi krisis ekonomi.
Strategi pemasaran sangat diperlukan oleh pelaku pasar karena strategi pasar dapat menjadi acuan bagi pelaku pasar dalam melakukan pemasaran.
Strategi pasar dapat di mulai dengan membuat rancangan barang yang dipasarkan, kemudian menentukan target pemasarannya, menentukan kondisi pasar, menentukan point-point utama dalam pemasaran dan memperhitungkan resiko untung rugi pemasaran.
Untuk memperoleh strategi pemasaran yang jitu, tidak ada salahnya pelaku pasar mencari tahu bagaimana tips pemasaran yang baik. Karena pengetahuan tentang tips pemasaran dapat membantu lancarnya pemasaran produk. Berikut ini beberapa tips pemasaran yang sangat bermanfaat, diantaranya:
  1. Hendaklah pelaku pasar memilih barang-barang yang menjadi kebutuhan primer konsumen. Sehingga walaupun sedang terjadi krisis ekonomi atau keadaan ekonomi memburuk barang-barang tersebut tetap laku dijual, karena merupakan kebutuhan pokok konsumen.
  2. Usahakanlah untuk bersikap jujur dalam memasarkan produk, apabila produk baik maka katakanlah baik, namun apabila produk sedang dalam keadaan buruk maka beranilah untuk berkata apa adanya.
  3. Lakukanlah spesialisasi pasar, sehingga dapat ditentukan titik utama yang menjadi target pemasaran.
  4. Membuat segmentasi pasar, dengan cara memilah-milah pasar sesuai dengan daya beli konsumen.
  5. Melakukan survey harga pasar, sehingga produk yang dijual memiliki harga standar yang seimbang dengan harga produk setipe di lain tempat.
  6. Melakukan penelitian minat pasar terhadap produk yang akan dikeluarkan, karena setiap tempat memiliki minat berbeda terhadap suatu produk.
  7. Memperhitungkan penempatan produk yang akan dipasarkan. Karena setiap produk yang beredar di pasaran menduduki tingkat posisi yang berbeda dalam segmen pasarnya. Penempatan produk yang sesuai dengan kondisi pasar akan membantu lancarnya pemasaran produk tersebut.
  8. Usahakanlah untuk membuat produk yang memiliki daya tarik tersendiri terhadap pasar.
  9. Pasarkanlah produk yang banyak diminati konsumen.
Lakukanlah tips pemasaran yang sesuai dengan kemampuan Anda.

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    BalasHapus